TULISAN 1 : MENGUBAH HIDUP DENGAN HAL POSITIF

1.                 PENDAHULUAN

Kata-kata yang kita pikirkan maupun yang telah keluar dalam bentuk ucapan mulut ternyata mempunyai pengaruh yang besar terhadap orang itu sendiri bahkan sampai kepada lingkungan di sekitar kita sehingga ada satu pepatah mengatakan “fitnah lebih kejam daripada pembunuhan”. Demikian kuatnya kata-kata tersebut hingga hidup kita dapat sangat dipengaruhi olehnya. Pengaruh yang ditimbulkan dapat berupa pengaruh positif yang dapat memberikan kebaikan atau pengaruh negatif yang dapat memberikan akibat yang buruk.

2.                 PEMBAHASAN

2.1.            Model Perilaku ABC (Antecedent-Behavior-Concequence)

Model ini menjelaskan tentang peran segala bentuk stimulus yang mempengaruhi perbuatan kita. Antecedent (pemicu) merupakan segala bentuk pengaruh baik dalam diri manusia itu sendiri maupun yang berasal dari lingkungan yang dapat mempengaruhi Behavior(perilaku). Pengaruh tersebut dapat berupa nilai, pengetahuan, konsensus, peraturan, tujuan, motivasi, atau pengalaman. Setelah stimulus tersebut mempengaruhi apa yang kita lakukan, pada akhirnya menimbulkan Concequences(akibat). Akibat tersebut dapat kembali menjadi pemicu berupa pengalaman untuk mempengaruhi perilaku selanjutnya (Friedman, S.G., 2001).

Seperti dua sisi mata uang, segala aspek selalu ada yang sifatnya positif dan negatif, demikian juga dengan ketiga aspek ABC di atas karena “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Pemicu yang sifatnya positif akan mempengaruhi seseorang berperilaku yang positif juga. Perilaku yang positif diharapkan akan menghasilkan akibat yang positif juga. Sebaliknya dengan pemicu yang negatif biasanya akan menghasilkan perilaku dan akibat yang negatif.

2.2.            Message from Water

Dr Masaru Emoto mengemukakan penelitannya tentang pengaruh kata-kata, gambar, musik, dan doa terhadap kristal es dalam koleksi foto-foto penelitiannya yang diberi judul Message from Water dan Water Know the Answers. Dalam penelitiannya dia menemukan bahwa kristal  es tersebut akan terlihat indah bila terpajan dengan kata-kata, gambar, musik, dan doa yang baik. Hal sebaliknya terjadi bila kristal es terpajan dengan kata-kata, gambar, musik, dan doa yang kurang baik.

kristal air 1kristal air 2kristal air 3

kristal air 4

kristal air 5

2.3            3 (Tiga) Penentu Kualitas Hidup

Nina Kemala Sari dalam buku hasil penelitiannya  yang berjudul “Mengubah Hidup dengan Kata-kata” menyebutkan bahwa ada 3 (tiga) kelompok besar penentu kualitas hidup manusia ,yaitu :

1. Apa yang Kita Makan (We are what we eat)

Kondisi kita saat ini merupakan cerminan apa yang kita konsumsi selama ini. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sudah tentu membuat keadaan tubuh kita menjadi mudah terkena penyakit. Berbeda bila kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan zat yang diperlukan oleh tubuh akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, pilihan cara mengolah makanan juga perlu diperhatikan.

2. Apa yang Kita Lakukan dengan Tubuh Kita (We are what we do with our body)

Aktivitas sehari-hari seperti bagaimana cara duduk, bernafas, berjalan, olah raga menjadi syarat yang perlu disiasati agar fisik kita terhindar dari berbagai penyakit.

3. Apa yang Kita Pikirkan (We are What We Think)

Apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi perasaan kita dan perasaan akan mempengaruhi perilaku kita.

Hal yang paling mendasar dari ketiga kelompok tersebut adalah apa yang kita pikirkan karena sesuai dengan pepatah mengatakan “kita adalah apa yang kita pikirkan selama ini”.

Apa yang kita pikirkan akan menentukan sikap kita. Sikap akan menentukan bagaimana cara kita berbicara dan berperilaku/bertindak.Perasaan jugalah yang mempengaruhi jalur neuroendokrin dan sistem syaraf autonom yang akan mempengaruhi tekanan darah, gula darah, denyut jantung, kekebalan tubuh, saluran cerna, dan sistem-sistem tubuh lainnya. Jadi pikiran sangat menentukan respon tubuh kita, baik respon yang terlihat seperti perbuatan dan kata-kata yang diucapkan maupun sistem fisiologis tubuh yang terjadi di dalam diri kita (Sari, N.K., 2012).

3. KESIMPULAN

Saya dapat simpulkan perilaku kita merupakan cerminan dari pikiran dan perkataan yang diterima dari tubuh, baik yang berasal dari diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Bila pemicunya positif akan menimbulkan hasil yang positif , lain halnya jika pemicunya negatif akan memberikan dampak yang tidak baik. Dalam penelitiannya Dr Masaru Emoto membandingkan pengaruh kata-kata, gambar, musik, dan doa terhadap kristal es. Bentuk kristal es yang indah akan timbul bila dipicu dengan hal yang positif. Nina Kemala Sari dalam buku yang berjudul “Mengubah Hidup dengan Kata-kata” menyebutkan bahwa ada 3 (tiga) kelompok besar penentu kualitas hidup manusia ,yaitu : apa yang kita makan (We are what we eat), apa yang kita lakukan dengan tubuh kita (We are what we do with our body) dan apa yang kita pikirkan (We are What We Think). Dari ke tiga kelompok tersebut hal yang paling penting adalah apa yang kita pikirkan.

DAFTAR PUSTAKA

  1. http://www.masaru-emoto.net/english/index.html
  2. Friedman, S.G. (2000). The ABCs of Behavior, http://www.parrots.org/pdfs/all_about_parrots/reference_library/behaviour_and_environmental_enrichment/The%20ABCs%20of%20Behaviour.pdf
  3. Sari, N.K. (2012). Mengubah Hidup dengan Kata-Kata, Sebuah Penelitian padaPasien Usia Lanjut Indonesia(Cetakan Pertama), Jakarta : Interna Publishing, Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s