Sinopsis Film “BATAS”

Film ini mengisahkan tentang JALESHWARI yang diperankan oleh Marcella Zalianty. Seorang wanita dengan keinginan yang kuat bersedia untuk terjun langsung ke wilayah pedalaman perbatasan antara Malaysia dan Kalimantan Barat. Tujuannya untuk memperbaiki kinerja program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan tempatnya bekerja dalam bidang pendidikan. Dalam masa tugasnya JALESHWARI tinggal di rumah BORNEO, salah satu anak suku Dayak.

Ternyata semua tidak seperti kehendak yang diinginkan, pada kenyataannya masyarakat di pedalaman Kalimantan Barat memiliki kehidupan sosial sendiri. Mereka tidak menghiraukan pentingnnya pendidikan dan garis perbatasan sebuah negara. Mereka hanya menjalani kehidupan sehari-hari dengan wawasan kebudayaan yang mereka junjung.

Konflik timbul saat JALESHWARI mencoba untuk menjalankan program belajar melalui sekolah sederhana. Masyarakat lebih cenderung untuk membiarkan anak-anaknya bekerja di ladang atau menjadi TKI di negeri tetangga yang lebih jelas akan menghasilkan uang.

Kejadian-kejadian yang dialami oleh JALESHWARI akhirnya membuatnya sadar akan pentingnya mengetengahkan pola kebudayaan di lingkungannya.

Sutradara        : Rudi Soedjarwo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s